Training Centre Salon KOTKIHO

Latar Belakang

Pendirian Training Centre Salon KOTKIHO bermula dari gagasan atau ide Nurul Qoiriah, advisor KOTKIHO, pada awal bulan Juli 2011. Gagasan itu sederhana saja, yakni tentang perlunya menyediakan pendidikan keterampilan perawatan kecantikan dan kesehatan rambut bagi buruh migran Indonesia (BMI) di Hong Kong, yang mayoritas perempuan. Saat gagasan tersebut dilontarkan, kawan-kawan pengurus dan anggota KOTKIHO menyepakatinya. Maka dimulailah berbagai persiapan untuk mendirikan “Training Centre Salon”, dari mulai pencarian tempat, pengadaan alat dan perlengkapan, hingga membentuk tim pengelola.

Pada bulan Agustus 2011, tim pengelola TC Salon KOTKIHO terbentuk, yang terdiri atas enam orang, yakni Cicih (sekaligus bertindak sebagai koordinator), Ijah, Hayatun, Rina, Ganes, dan Wina. Atas kesepakatan bersama, TC Salon KOTKIHO itu berlokasi di Flat 2/F Everich Building, 43 Boundary Street, Prince Edward, Kowloon.

Awalnya, Training Centre Salon KOTKIHO hanya memiliki 4 peserta kursus atau siswa. Namun, dengan semangat dan ketekunan tim pengelola serta dukungan para aktivis KOTKIHO, jumlah siswa terus bertambah. Pada Desember 2011, jumlah siswa menjadi 19 orang. Dari 19 siswa itu, 14 di antaranya mengambil kursus hairdresser, sementara 4 siswa lainnya belajar tentang spa.

Selain itu, pada bulan Oktober 2011, anggota tim pengelola pun bertambah satu, dengan kehadiran Afi yang memiliki keahlian tata rias atau make up. Kehadiran Afi ini sekaligus menambah keragaman materi kursus yang disediakan oleh Training Centre tersebut. Materi tata rias wajah atau make up pun mulai ditawarkan kepada para BMI di Hong Kong. Tentu saja, materi kursus lainnya, seperti hairdresser dan spa, tetap disediakan bagi BMI. Ke depan, tim pengelola Training Centre Salon KOTKIHO terus berupaya meningkatkan kualitas dan jenis materi kursus yang dibutuhkan BMI.

Tujuan

Seperti telah disinggung sepintas lalu, tujuan Training Centre Salon KOTKIHO adalah memberikan pendidikan keterampilan perawatan kecantikan dan kesehatan rambut, kulit, dan wajah kepada para BMI di Hong Kong. Diharapkan, keterampilan dan pengetahuan itu dapat menjadi bekal BMI untuk menjalankan wirausaha.

Program dan Kegiatan

Kursus-kursus di Training Centre Salon KOTKIHO@ diadakan setiap hari Minggu. Program-program kursus itu antara lain:

Kelas make up selama 3 bulan untuk setiap angkatan. Kegiatan kursus dimulai dari pukul 13:00 hingga 17:00;
Kelas Hairdresser terdiri atas dua level, yakni level pertama (3 bulan) dan level kedua (3 bulan). Kegiatan kursus kelas hairdresser dibagi menjadi dua sesi waktu, yakni:
a. Pagi, dari pukul 10:00 hingga 13:00;
b. Siang, dari pukul 14:00 hingga 17:00;
Kelas spa selama 2 bulan. Kegiatan kursus spa dimulai dari pukul 14:00 hingga 17:00.

Pada akhir kursus, baik kelas tata rias, hairdresser maupun spa, siswa diberi tambahan materi pelajaran tentang kewirausahaan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s